Cara Atasi Karburator Motor Vespa Banjir
Cara Atasi Karburator Motor Vespa - Karburator --Vespa-- secara mekanisme dan fungsinya adalah
sebagai penyuplai dan pengatur pengabutan agar bahan bakar ke silinder bisa
sesuai dengan takaran cc dan spek mesinnya. Selain itu juga, dalam karburator
terdapat bagian-bagian, seperti: Pilotjet (spuyer angin), Mainjet (suyer
bensin), Pelampung, jarum needle, deksel, chuk, dan tuas untuk menarik-ulur
kabel gas.
Sebagai informasi: Apabila salah-satu bagian dari karburator ini mengalami 'error' maka penyakit karburator seperti: Vespa mengok, bebebet, vespa tekor bensin dan karburator banjir, tidak bisa kita dihindarkan, selain itu juga pengaruh karburator error bisa membuat busi vespa cepat hitam dan pengapian tidak stabil.
Baca Juga Laju Motor Vespa Ngok-ngokan
Dari sederetan penyakit dari karburator yang sudah saya sebutkan di atas, kali ini saya akan membahas tentang mengatasi karburator banjir.
Karburator banjir memang sering terjadi pada vespa-vespa yang sudah berumur, ini disebabkan beberapa faktor pemicu, seperti:
Dari sederetan penyakit dari karburator yang sudah saya sebutkan di atas, kali ini saya akan membahas tentang mengatasi karburator banjir.
Karburator banjir memang sering terjadi pada vespa-vespa yang sudah berumur, ini disebabkan beberapa faktor pemicu, seperti:
- Pelambung bocor.
- Jarum inlet needle
- Ukuran spuyer bensin terlalu besar
- Keran bensin yang tidak berfungsi secara normal
Nah bagaimanakah cara mengatasi
permasalahan vespa yang sering banjir, yuks kita simak ulasan lengkapnya:
Cara Atasi Karburator Motor Vespa Banjir
- Pelampung yang sudah bocor
Pemicu karburator banjir
salah-satunya adalah pelampung yang sudah rusak/ bocor, jika sudah mengalami
kebocoran pada bagian pelampung, masbro jangan sekali-kali untuk mengakali
dengan mengelem, lebih baik menggantinya dengan yang baru atau pelampung bensin
yang masih normal.
- Jarum Needle
Selain pelampung bocor, jarum needle
juga sering menjadi penyebab karburator banjir, itu dikarenakan sistem
buka-tutup pada ujung jarum needle sudah error/ aus. Cara mengatasinya masbro
bisa mengganjalnya dengan membuat bantalan dari kertas/ kertas karton ataupun
menggantinya dengan jarum inlet needle yang baru. Masbro perhatikan gambar di
bawah ini: lihat bagian yang dilingkari dengan warna merah, warna merah
tersebutlah yang harus diganjal.
- Ukuran Spuyer yang Terlalu
Besar
Untuk ukuran syuper sebaiknya masbro
bermain feeling saja, apakah vespa masbro sering mengalami berebet atau busi
vespa sering mati karena basah dan hitam, bisa jadi dibagian inilah penyebab
vespa masbro sering banjir. Untuk penanganannya masbro lihat dulu spek mesin
masbro, lalu gantilah perangkat spuyer tersebut sesuai dengan spek mesin vespa
masbro.
- Keran Bensin Tidak Normal
Sistem buka tutup keran bensin
memang sangat penting bagi vespa yang sering banjir ataupun vespa racing yang
memerlukan bahan bakar yang banyak, dan apabila keran bensin ini tidak normal
maka banjir pada karburator pun tidak bisa dihindarkan.
Dan untuk mengecek fungsi atau
tidaknya keran tersebut, masbro cukup melakukan pengontrolan dengan menyetop
suplai bensin ke arah 'left' jika sudah tidak berfungsi, masbro sebaiknya
menggantinya dengan yang baru.
Tonton Yuk Tips Cara Membuka Lampu Depan Vespa EXCEL Jangan lupa SUBSCRIBE...
Tonton Yuk Tips Cara Membuka Lampu Depan Vespa EXCEL Jangan lupa SUBSCRIBE...
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteVespa saya suka muncrat d karbu
ReplyDeleteBrarti isapan vespa mas bermasalah
DeleteVespa saya banjir gak tau apanya yg bermasalah, gak ngerti soal vespa soalnya. Mohon bantuanya bang!!
ReplyDeletecoba di ganti repairkitnya mas
Delete