Sulit di- starter atau
mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi
seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti
bagaimana merawat mobil. Nah…Jangan sampai sobat menjadi salah satu diantara
mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Sobat
sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk
itu, simak tips- tips berikut ini
Hal pertama yang perlu diketahui adalah
sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah
menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil sobat telah
menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya
secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta
peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi
penyebab mobil tidak bisa di- starter, pertama adalah karena aki yang
sudah dalam kondisi kurang bagus system kelistrikannya. Kedua adalah karena
supply listrik pada dinamo pada system pengapian konvensional. Platina mungkin
sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou
udah masalah CDI, perlu ke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani
sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi
terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih
tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan
kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalau
tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik.
Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk
menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada
posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu
memancing percikan api sehingga kembali
besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan
pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih
utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah
harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut
kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak
direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan
membawa mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi biang
keladi mesin mobil tidak bisa di- starter adalah karena suplai bahan
bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan
karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter- nya dan bersihkan
dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan
sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.
Bila
semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah
mobil sobat ke bengkel terdekat.
Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina sobat.
0 Response to "Cara Menagatasi Mobil Susah Dihidupkan"
Post a Comment